MODUL AJAR
Sekolah :
SMP Negeri 2 Telukjambe Barat
Mata Pelajaran :
Informatika
Kelas/Semester :
IX /2
Nama Guru :
Dadan Sihabudin, S.Tr.Kom
Email :
alhilmiadan@gmail.com
Materi Pokok : 1. Pengolahan Data dan Tabel
2. Desain Grafis dan Pengolahan Gambar
3. Pengenalan Algoritma dan Pemrograman
4. Keamanan Data dan Etika Penggunaan
Teknologi
5. Pengenalan Jaringan Komputer
6. Proyek Akhir
Bab 1. Pengolahan Data dan
Tabel
- Penggunaan
Microsoft Excel atau Google Sheets:
- Menyusun
data dalam tabel.
- Fungsi
dasar dalam spreadsheet (SUM, AVERAGE, COUNT, IF, dll).
- Pengolahan
data menggunakan filter dan sorting.
- Membuat
grafik dari data yang ada.
Bab 2. Desain Grafis dan
Pengolahan Gambar
- Pengantar
Pengolahan Gambar:
- Menggunakan
aplikasi desain grafis seperti Photopea, Paint, GIMP, atau Canva.
- Membuat
dan mengedit gambar sederhana.
- Prinsip
desain grafis (warna, bentuk, dan komposisi).
- Pengenalan
Media Presentasi:
- Membuat
slide presentasi menggunakan Microsoft PowerPoint atau Google Slides.
- Menyusun
presentasi dengan teks, gambar, dan animasi.
- Prinsip
desain presentasi yang baik.
Bab 3. Pengenalan Algoritma
dan Pemrograman
- Konsep
Algoritma:
- Apa
itu algoritma?
- Contoh
algoritma dalam kehidupan sehari-hari.
- Langkah-langkah
pembuatan algoritma.
- Pemrograman
dengan Scratch atau Python:
- Pengantar
pemrograman dengan Scratch (untuk pemula).
- Pengenalan
sintaks dasar Python (jika ada di kurikulum).
- Variabel,
tipe data, dan operator.
- Struktur
kontrol: percabangan (if, else) dan perulangan (for, while).
- Fungsi
dan prosedur sederhana.
Bab 4. Keamanan Data dan Etika
Penggunaan Teknologi
- Keamanan
Data:
- Cara
melindungi data pribadi.
- Penggunaan
password yang kuat.
- Ancaman
terhadap perangkat lunak dan data (virus, malware).
- Etika
Digital:
- Penggunaan
internet secara bijak.
- Hak
cipta, plagiarism, dan cara mengutip sumber dengan benar.
Bab 5. Pengenalan Jaringan
Komputer
- Konsep
Jaringan Komputer:
- Apa
itu jaringan komputer dan jenis-jenisnya (LAN, WAN, internet).
- Komponen
dasar dalam jaringan komputer.
- Pengantar
Internet:
- Cara
menggunakan internet secara efektif dan aman.
- Pengertian
tentang website, web browser, dan search engine.
Bab 6. Membuat Proyek Akhir
- Pembuatan
Proyek Berbasis Komputer:
- Siswa
diminta membuat proyek akhir yang melibatkan salah satu atau beberapa
topik di atas.
- Proyek
bisa berupa program komputer sederhana, presentasi, atau desain grafis.
Format Modul Ajar
Setiap modul ajar umumnya terdiri dari:
- Tujuan
Pembelajaran: Apa yang diharapkan siswa pelajari dari
modul tersebut.
- Materi
Pembelajaran: Penjelasan teoritis dan contoh aplikasi.
- Latihan/Praktikum: Tugas yang mengasah keterampilan yang dipelajari.
- Evaluasi: Soal atau ujian untuk mengukur pemahaman siswa.
Modul ajar ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan
dan kemampuan siswa. Biasanya, sekolah juga menyediakan materi tambahan atau
video pembelajaran yang mendukung topik-topik tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar